Tips Memilih Jasa Arsitek di Jogja yang Terpercaya dan Berpengalaman

jasa-arsitek-di-jogja

Ketika akan membangun rumah atau gedung besar, pastinya membutuhkan bantuan jasa arsitek. Ini dikarenakan jasa arsitek di Jogja tidak hanya membantu membuatkan desain bangunan saja. Tetapi juga membantu membuatkan RAB, kemudahan akses jalan, dan lainnya.

Tiap langkah dan detail proses pembangunan menjadi hal penting. Oleh sebab itulah tidak semua orang awam bisa memahami dan mengetahui dengan tepat ketika akan membangun gedung. Meskipun saat ini ada banyak jasa arsitek yang dapat diajak kerja sama, tetapi pastikan memilih yang benar-benar berpengalaman.

7 Tips Memilih Jasa Arsitek Terbaik

Memilih jasa arsitek di Jogja bukan hanya sekadar menemukan kemudian diajak kerja sama. Namun ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dengan baik agar nantinya tidak salah pilih. Apabila merasa kesulitan untuk menemukan jasa arsitek terbaik untuk diajak kerja sama, maka bisa memanfaatkan beberapa tips berikut.

1. Melihat Portofolio

Apabila jasa arsitek di Jogja tersebut sudah berpengalaman, maka dapat dilihat dari portofolio. Pengalaman yang dimiliki semakin banyak, maka portofolio yang dimiliki pun akan semakin kaya. Yang mana dapat dilihat dari segi kuantitas atau kualitas. Jika menemukan jasa arsitek dengan portofolio yang sesuai selera, maka bisa menghubunginya. 

Dalam hal ini ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dengan baik lagi. Di antaranya model bangunanan, lama pengerjaan, hasilnya, dan masih banyak lainnya. Dengan begitu nantinya akan lebih memudahkan ketika ingin melakukan kerja sama atau memilih tempat lainnya.

2. Melihat Adanya Sertifikat

Selain portofolio, dari segi keberadaan sertifikat yang dimiliki oleh arsitek ini pun juga penting. Sebab hal ini akan membuat kredibilitas dari jasa arsitek tersebut semakin baik dan profesional. Lembaga yang memberikan sertifikat pada jasa arsitek di Indonesia disebut Ikatan Arsitek Indonesia yang berasosiasi dengan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional.

3. Mempertimbangkan Review dari Klien Sebelumnya

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan ketika memilih jasa arsitek adalah testimoni klien sebelumnya. Biasanya testimoni-testimoni akan dicantumkan di website, media sosial, Google My Business dan lainnya. Dengan mengetahui testimoni maka bisa lebih banyak tahu mengenai hal-hal lainnya. 

Di antaranya mengetahui kerapihan, etos kerja di mata klien, kecepatan kerja, dan masih banyak lainnya. Mengetahui testimoni klien sebelumnya akan membantu menilai arsitek, apakah bisa diajak kerja sama atau tidak untuk membuatkan rancangan bangunan.

4. Mengetahui Cara Kerja & Kesesuaian Gaya

Selanjutnya adalah menilai jasa arsitek di Jogja dari cara kerja dan kesesuaian gaya. Untuk mengetahui hal ini bisa dari melakukan konsultasi atau tanya jawab dengan arsitek itu langsung. Seperti diketahui bahwa masing-masing jasa arsitek akan memiliki ciri khas dan cara kerja sendiri-sendiri.

Apabila cocok dengan jasa arsitek tersebut, maka bisa dipertimbangkan untuk diajak kerja sama. Namun jika kurang cocok, maka tidak perlu memaksakan diri untuk melakukan kerja sama. Ada baiknya untuk memilih jasa arsitek lain yang sekiranya cocok dan sesuai kriteria.

5. Memperhatikan Budget yang Dimiliki

Tiap-tiap jasa arsitek biasanya akan memiliki biaya yang berbeda-beda, mulai dari puluhan sampai ratusan juta setiap kerja sama. Terlebih lagi jika memilih jasa arsitek yang sudah berpengalaman dan memiliki nama di publik, maka biaya yang ditawarkan akan jadi lebih mahal lagi.

Oleh sebab itulah akan lebih baik jika sebelumnya bisa membuat pertimbangan mengenai biaya jasa arsitek ini terlebih dahulu. Apabila anggaran yang dimiliki masih masuk jika bekerja sama dengan satu jasa arsitek, maka bisa dipertimbangkan dengan baik.

6. Memahami Kontrak Kerja yang Jelas

Perlu diketahui bahwa jasa arsitek di Jogja yang berpengalaman pastinya akan memberikan kontrak kerja. Sebelumnya ketahui lebih dahulu kontrak kerja ini, jika ada sesuatu yang membingungkan maka segera tanyakan. Adanya kontrak kerja yang jelas ini tentunya akan membantu kedua belah pihak lebih mudah melakukan crosscheck.

Klien yang melakukan kerja sama dengan jasa arsitek tentunya ingin dilayani dengan baik bukan? Oleh sebab itulah, sebelumnya harus memastikan bahwa jasa arsitek yang akan diajak kerja sama memberikan kontrak jelas. Dengan begitu jika ada sesuatu bisa langsung menghubungi jasa arsitek untuk meminta pertanggungjawaban.

7. Menanyakan Adanya Garansi atau Tidak

Tips terakhir yang harus diperhatikan dengan baik adalah menanyakan apakah jasa arsitek memiliki garansi atau tidak. Garansi ini merupakan hal penting yang harus karena dapat membuat klien jadi aman dan nyaman. Sebagai contohnya ada ketidaksesuaian dengan hasil pembuatan desain bangunan, maka klien bisa klaim garansi.

Nantinya pihak jasa arsitek akan bertanggung jawab untuk melakukan perbaikan desain sesuai permintaan klien. Adanya garansi juga akan membuat jasa arsitek tersebut jadi lebih bertanggung jawab dan dikenal profesional. Hal ini tentunya akan membantu reputasi jasa arsitek semakin bertambah dan dipercaya banyak orang.

Kelebihan Menggunakan Jasa Arsitek

Bekerja sama dengan jasa arsitek di Jogja jelas memberikan keuntungan dari berbagai sisi. Oleh sebab itulah ketika ingin membangun rumah atau gedung lain lebih baik menyerahkannya ke jasa arsitek. Berikut ii ada beberapa kelebihan yang akan didapatkan jika melakukan kerja sama dengan jasa arsitek.

  • Menjadikan anggaran untuk pembelian material bangunan jadi lebih efisien.
  • Menghindarkan dari salah struktur bangunan yang membahayakan keselamatan penghuni.
  • Memberikan kualitas bangunan yang lebih tahan lama dan prima pastinya.
  • Membantu memberikan hunian yang sesuai dengan keinginan dan desain khusus dengan keunikan tersendiri. Dimana dapat membedakan antara hunian lainnya.
  • Membuat nilai jual rumah jadi lebih bertambah.

Perhitungan Biaya Jasa Arsitek Di Indonesia

Untuk perhitungan biaya jasa arsitek di Indonesia dibedakan menjadi dua, yakni berdasarkan rencana anggaran dan luas per meter persegi. Untuk lebih memudahkan membedakan antara keduanya, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Biaya Arsitek Berdasarkan Rencana Anggaran

Sesuai dengan namanya, perhitungan ini memakai acuan rencana anggaran pembangunan rumah. Kategori bangunan pun juga dapat memengaruhi biaya arsitek itu sendiri. Kategori bangunan sendiri dibangin menjadi lipa yakni bangunan khusus, sosial, kategori bangunan 1, 2 dan 3. Untuk bangunan rumah masuk ke dalam kategori 3.

2. Biaya Arsitek Berdasarkan Luas Per Meter Persegi

Kemudian perhitungan berdasarkan luas per meter persegi sesuai dengan bangunan yang akan dibangunan nantinya. Untuk besaran tarifnya antara 150-800 ribu/m2, namun juga bisa berubah tergantung dengan harga material untuk pembangunan.

Selain itu dari segi luasan lingkup kerja arsitek pun juga dapat memengaruhi biaya jasa. Namun secara umum, ruang lingkup aristek dibangin menjadi dua, yakni proses membuat konsep rancangan sampai tahap pengawasan pembangunan. Hal ini memungkinkan arsitek bekerja sebagai kontraktor yang bertanggung jawab dalam pengawasan, pemilihan material, dan kewajiban kontraktor.

Demikianlah pembahasan mengenai tips memilih jasa arsitek di Jogja, keuntungan dan perhitungan biayanya. Apabila ingin melakukan kerja sama dengan jasa arsitek, maka penting untuk memperhatikan beberapa hal di atas dengan baik. Ini dilakukan agar nantinya tidak salah dalam memilih jasa arsitek atau mendapatkan kekecewaan nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *