Macam-Macam Desain Rumah Yogyakarta yang Banyak Diminati

desain-rumah-yogyakarta

Semua orang pastinya ingin memiliki rumah sendiri yang nyaman, akan tetapi tidak semua dapat membangunnya. Sebelum membangun ada baiknya mempertimbangkan desain rumah Yogyakarta seperti apa terlebih dahulu. 

Saat ini untuk memilih jasa desain rumah sudah bukan hal sulit dilakukan. Ini dikarenakan sudah banyak arsitek yang siap membantu membuat desain rumah impian. Namun tetap saja harus dipertimbangkan dengan baik pemilihannya.

7 Desain Rumah Modern yang Kekinian

Bangunan rumah yang unik dan desainnya sesuai selera pemilik akan membuat jadi betah dan terlihat lebih menarik. Berikut ini terdapat beberapa desain rumah modern kekinian yang bisa dijadikan sebagai referensi.

1. Industrial

Untuk desain rumah yang pertama adalah gaya fasad industrial. Dimana gaya rumah ini masih populer dan banyak orang yang memilihnya. Ciri khas dari desain rumah industrial adalah pada lantai dan dinding masih asri. Ini dikarenakan bahan utamanya adalah dinding bata dan semen.

Selain itu juga memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak dipakai dan ramah lingkungan sebagai ornamennya. Tentunya hal ini akan semakin membuat bangunan rumah nantinya terlihat lebih unik dan menarik.

2. Kontemporer

Selanjutnya adalah desain rumah Yogyakarta kontemporer, dimana bisa diterapkan pada rumah impian. Desain rumah kontemporer sendiri identik dengan cat rumah warna putih dan abu-abu. Tidak hanya itu saja, tetapi desainnya pun didominasi furniture mahal atau metalik.

Hal tersebut akan membuat rumah menjadi lebih elegan dan terlihat mewah. Cukup banyak pemilik rumah yang memilih desain kontemporer untuk diterapkan pada bangunan rumahnya.

3. Vintage Modern

Tentunya sudah tidak asing dengan yang namanya desain vintage bukan? Desain ini banyak diminati karena memberikan kesan old namun tetap menawan. Ciri khas dari desain rumah vintage ini adalah pemakaian barang iunik di masa lalu. Hal inilah yang membuat rumah menjadi lebih unik dibandingkan lainnya.

Lalu dari segi lantai dan dinding yang digunakan mirip kayu rumah panggung. Rumah dengan suasana alam sekitar tetapi juga modern tentunya akan semakin membuat betah di rumah.

4. Rustic

Untuk desain rumah Yogyakarta satu ini memang sudah banyak dipakai. Rumah dengan gaya rustic lebih banyak menggunakan material kayu, terlebih di sudut ruangan. Ciri khasnya sendiri ada pada pemakaian pilar rumah. 

Biasanya rumah gaya rustic ini dipadukan dengan furniture klasik kekinian ala Eropa. Hal ini akan membuat tampilan ruangan dan bangunan seperti kastil-kastil kerajaan.

5. Minimalis Modern

Hampir semua bangunan rumah saat ini dibuat dengan gaya minimalis modern. Ini dikarenakan lahan sempit membuat pemilik bangunan harus bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Dari segi anggaran pun jadi lebih minim dikarenakan harus bisa membuat rumah yang tepat guna.

Meskipun anggaran yang dibutuhkan minim dan lahan untuk pembangunan sempit. Bukan berarti hasilnya tidak memuaskan, banyak rumah miniamlis yang bisa menawarkan kesan lega dan luas. Apalagi perabotan yang digunakan kebanyakan multifungsi.

6. Futuristik

Ciri utama dari desain rumah Yogyakarta adalah keunikannya yang tidak bisa ditemukan di bangunan rumah lainnya. Ini dikarenakan memanfaatkan teknologi canggih, sehingga dapat membuatnya jadi berbeda. Selain itu rumah futuristik juga lebih banyak menggunakan lampu unik.

7. Scandinavian

Terakhir ada inspirasi desain rumah dari negeri Eropa, yakni scandinavian yang dapat dicoba. Ciri khas yang dimiliki oleh bangunan ini adalah dinding didominasi wrana putih. Lalu bangunan rumahnya sendiri mirip alat bangunan negara Eropa.

Selain itu ruangannya juga rapi dan bersih layaknya rumah minimalis. Gaya rumah scandinavian ini juga tampak cantik dengan adanya sekat garis di teras. Juga adanya tambahan tanaman hias semakin membuat bangunan rumah ini jadi terlihat lebih asri.

Tips Memilih Jasa Desain Rumah di Yogyakarta yang Tepat

Seperti diketahui bahwa saat ini terdapat banyak layanan desain rumah Yogyakarta yang siap diajak kerja sama. Akan tetapi bukan berarti bisa memilih begitu saja, ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan dengan baik sebelumnya. Berikut beberapa tips memilih jasa desain rumah yang berpengalaman.

1. Mencari Jasa yang Sesuai Selera

Meskipun saat ini ada banyak layanan jasa desain rumah, namun belum tentu jika hasil desainnya sesuai keinginan. Oleh sebab itulah akan lebih baik jika sebelumnya bisa mencari tahu terlebih dahulu spesialisasi seperti apa yang dimiliki.

Dengan begitu nantinya bisa membuat pertimbangan dengan lebih tepat. Langkah satu ini sangat penting untuk dipertimbangkan agar hasil desain dan bangunan rumah nantinya bisa sesuai dengan keinginan.

2. Memperhatikan Track Record

Jasa desain rumah yang baik tentunya mempunyai kredibilitas tinggi. Contohnya ada kontrak kerja sama, menjelaskan langkah kerja sama, dan transparan pada anggaran. Untuk mengetahuibnya bisa mengecek di website resmi milik jasa tersebut.

Selain itu jasa desain rumah pastinya juga memiliki sosial media, jadinya bisa lebih banyak dalam mendapatkan informasi. Dalam hal ini ketahui pengalaman dan portofolio yang dimiliki. Semakin banyak portofolio yang dimiliki maka semakin berpengalaman jasa tersebut.

3. Memastikan Biaya Jasa Realistis

Sudah banyak yang tahu bahwa jasa desain rumah Yogyakarta memiliki penawaran harga jasa berbeda-beda. Akan lebih baik jika bsia mengetahui biaya apa saja yang ditetapkan oleh layanan jasa desain tersebut. Dengan begitu nantinya bisa menyesuaikan dengan anggaran yang ada.

Jika ada layanan desain rumah yang menawarkan harga murah, maka sebaiknya berhati-hati. Bisa jadi hasilnya tidak akan sesuai dengan yang diinginkan. Oleh sebab itulah sangat penting untuk bisa membuat pertimbangan mengenai pemilihan jasa desain rumah.

4. Memastikan Komunikasinya Baik

Hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan dengan baik adalah memastikan bahwa layanan desain rumah mampu berkomunikasi baik. Dimana komunikasi ini terjadi dua arah antara arsitek dan klien. Dengan begitu akan memungkinkan keduanya mendapatkan kesepakatan yang lebih cepat dan tepat.

Bayangkan jika komunikasi yang ada sama sekali tidak baik. Pastinya akan ada kesalahpahaman terus menerus sehingga membuat keduanya malah mendapatkan masalah.

5. Memperhatikan Legalitas & Izin

Jangan lupa untuk memastikan terlebih dahulu apakah layanan desain rumah yang akan diajak kerja sama memilih legalitas & izin. Perlu diketahui bahwa dua hal ini sangat penting karena nantinya bisa dimintai pertanggungjawaban jika terjadi masalah.

Tidak hanya itu saja, adanya legalitas & izin akan membantu memastikan proyek berjalan secara sah dan sudha sesuai peraturan. Oleh sebab itulah mengetahui legalitas & izin dari layanan desain rumah sangat penting.

6. Memperhatikan Estimasi Waktu Pengerjaan

Hal terakhir yang harus diperhatikan dengan baik saat memilih layanan desain rumah adalah estimasi waktu pengerjaan. Sebelum masuk ke tahap pengerjaan, biasanya akan diberikan kontrak kerja. Dimana dalam kontrak kerja tersebut terdapat estimasi waktu pengerjaan berapa lamanya.

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa macam desain rumah Yogyakarta dan tips memilih layanan jasanya. Memastikan bahwa layanan jasa yang dipilih sudah tepat adalah hal terbaik. Jangan sampai hasilnya tidak sesuai keinginan dan malah berakhir dengan kekecewaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *