Cara Mudah Menemukan Jasa Arsitek Rumah Jogja yang Tepat

jasa-arsitek-rumah-jogja

Jasa arsitek bukan hanya terbatas dengan mendesain bangunan fisik rumah saja. Dengan menggunakan perantara arsitek, maka rumah bisa dibangun secara efisien. Baik itu dari segi struktur, material bangunan sampai dengan budget yang nantinya akan dikeluarkan dalam pembangunan rumah. Apabila tertarik untuk menggunakan layanan jasa arsitek. Pastikan untuk memilih jasa arsitek rumah Jogja yang berpengalaman dan dapat dipercaya.

5 Cara Mudah Memilih Jasa Arsitek yang Andal dan Terpercaya

Bagi yang memiliki rencana untuk mendirikan rumah. Menggunakan arsitek rumah akan sangat membantu. Jasa arsitek rumah akan memberikan keuntungan dalam proses perencanaan rumah. Sebelum akhirnya memilih menggunakan layanan jasa arsitek. Apabila masih merasa bingung bagaimana cara memilih jasa arsitek yang tepat. Akan lebih baiknya jika memperhatikan beberapa cara memilih jasa arsitek rumah Jogja berikut ini, seperti:

1. Pilihlah Jasa Arsitek yang Bersertifikat

Kredibilitas arsitek rumah salah satunya ditentukan oleh sertifikat jasa arsitek yang dimiliki. Dengan adanya sertifikat arsitek ini, maka kapasitas pengetahuan, cara kerja dan juga keterampilan dalam lingkup perencanaan rancangan bangunan sudah memenuhi standar. Di Indonesia sendiri lembaga pemberi sertifikat arsitek adalah ikatan arsitek Indonesia berasosiasi dengan lembaga pengembangan jasa konstruksi nasional. 

Terdapat 13 poin kompetensi standar bagi arsitek untuk bisa mendapatkan sertifikat keahlian tersebut. Poin-poin ini memang menjadi standar dan tolak ukur keahlian seseorang dalam bidang arsitektur. Pastikan saat berencana menggunakan jasa arsitek rumah Jogja, jasa arsitek tersebut sudah memiliki sertifikat keahlian arsitek. Demi keamanan dan keberhasilan proyek, pembangunan rumah. 

2. Lihat Portofolio Jasa Arsitek

Pengalaman kerja dari jasa arsitek rumah bisa dilihat dari portofolio proyek sebelumnya. Dengan melihat dan juga mengamati portofolio tersebut. Maka bisa memastikan jasa arsitek tersebut yang akan digunakan sudah sesuai dengan preferensi. Selain itu, kualitas dan juga kuantitas hasil pengerjaan dari portofolio sebelumnya bisa menunjukkan ciri khas dari seorang arsitek yang mungkin saja akan atau tidak sesuai selera. 

Pastikan untuk memilih jasa arsitek yang memiliki latar belakang jenis bangunan yang sesuai. Contohnya saja disarankan memilih jasa arsitek yang khusus mendesain hunian pribadi apabila berencana membangun rumah pribadi. Bukan arsitek yang berlatar belakang di desain bangunan komersial. Seperti halnya restoran, bandara dan juga gedung lainnya. 

3. Ketahui Testimoni Klien Sebelumnya

Ulasan atau testimoni jasa arsitek rumah Jogja sebelumnya bisa dijadikan sebagai salah satu indikator apakah jasa tersebut cocok atau tidak. Testimoni ini bisanya cukup menggambarkan bagaimana cara kerja calon arsitek yang akan diajak kerja sama. Apakah hasil akhirnya bagus atau kurang, apakah durasi pengerjaannya tepat waktu hingga tarif arsitek rumah. 

Ini menjadi beberapa informasi yang bisa diketahui dari testimoni klien sebelumnya. Sebab tidak bisa di pungkiri bahwa kepuasan maupun kekecewaan klien sebelumnya akan memberikan sentimen dan persepsi terhadap jasa arsitek yang akan diajak kerja sama.

4. Ketahui Cara Kerja dan Kesesuaian Gaya

Poin berikutnya yang bisa digunakan untuk menilai jasa arsitek ini adalah dengan mengetahui cara kerja dan kesesuaian gaya arsitektur tersebut. Tahapan ini biasanya bisa diketahui setelah melakukan pembicaraan langsung dengan jasa arsitek. Dengan menanyakan pertanyaan ini, maka bisa melihat bagaimana cara kerja dan kesesuaian gaya dari jasa arsitek tersebut. Hal ini dikarenakan masing-masing jasa arsitek tersebut memiliki kesesuaian gaya yang menjadi ciri khas dan juga cara kerja yang berbeda.

5. Jasa Arsitek Rumah yang Sesuai Budget

Tahap terakhir yang perlu dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika memilih jasa arsitek adalah menyesuaikan arsitek rumah yang sesuai dengan anggaran. Meskipun arsitek sudah memiliki acuan tarif umum. Akan tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa jasa arsitek yang berpengalaman dan sudah dikenal akan karyanya memiliki tarif yang lebih tinggi. 

Pada tahapan ini, perlu dilihat kembali bahwa prioritas dan kebutuhan akan jasa arsitek bagi perencanaan pembangunan rumah. Diharapkan dengan memperhatikan poin ini. Anggaran yang sudah dipersiapkan sebelumnya tidak akan membengkak. 

Beberapa Alasan Mengapa Penting Menggunakan Layanan Jasa Arsitek

Ketika hendak membangun sebuah rumah, maka setiap orang dihadapkan kepada pilihan untuk menggunakan jasa arsitek atau tidak. Akan tetapi, tidak sedikit orang berpikir bahwa biaya menggunakan jasa arsitek tidak murah. Sehingga enggan melibatkan arsitek untuk membangun rumahnya. Padahal ada beberapa poin penting ketika menggunakan jasa arsitek. Berikut ini beberapa alasan mengapa harus menggunakan jasa arsitek.

1. Anggaran Lebih Efisien

Ketika menggunakan layanan jasa arsitek, maka budget atau anggaran yang akan dikeluarkan untuk membangun rumah bisa lebih efisien. Misalnya saja memiliki uang 40 juta dan ingin rumah satu lantai. Maka jasa arsitek akan memberikan rekomendasi yang paling maksimal untuk budget yang dimiliki. Maka dari itu, anggaran untuk membangun rumah tidak akan lebih dan kurang maupun tidak akan terlalu jauh berbeda.

2. Meminimalisir Potensi Salah Bangun

Ini adalah salah satu poin yang cukup penting. Sebab kebanyakan orang membangun rumah biasanya trial and error atau coba-coba. Jadi membangun dulu tanpa perencanaan. Jika ada yang salah, maka bikin lagi dan renovasi lagi. Pada akhirnya salah bangun yang terjadi akan mengeluarkan banyak biaya. Bahkan lebih mahal biaya yang harus dikeluarkan dibandingkan menggunakan perencanaan yang biasa digunakan jasa arsitek rumah Jogja.

3. Ukuran Lagan Lebih Optimal

Ketika menggunakan jasa arsitek, maka space atau ukuran lahan yang dimiliki untuk dibangun rumah jadi lebih optimal. Misalnya ketika memiliki lahan yang cukup terbatas. Maka bisa memaksimalkan potensi lahan tersebut untuk fungsi yang diinginkan. Jika menggunakan lahan yang lebih luas, maka hal-hal apa saja yang diinginkan bisa direkomendasikan oleh jasa arsitek.

4. Pencahayaan dan Penghawaan Tanpa Ada Biaya Tambahan

Ketika menggunakan layanan jasa arsitek, maka pencahayaan dan juga Penghawaan alami sebuah bangunan tidak ada biaya tambahan. Jasa arsitek tersebut nantinya akan melakukan analisa suhu dan pembuatan sirkulasi udara. Sehingga memberikan rekomendasi desain yang bisa memaksimalkan Penghawaan dan juga pencahayaan alami. Baik itu menggunakan kaca bisa juga menggunakan roster.

5. Fungsi Lebih Optimal

Salah satu poin penting mengapa perlu menyewa jasa arsitek rumah Jogja adalah fungsi lebih optimal. Maksudnya adalah karena yang menggunakan bangunannya sendiri. Bangunan seharusnya bisa memenuhi segala kebutuhan yang diinginkan. Misalnya di rumah ingin ada kolam tenang yang tidak ada kelihatan sama tetangga. Maka arsitek akan merekomendasikan dimana posisi terbaik untuk membuat kolam renang.

6. Sirkulasi dan Privasi Sesuai Keinginan

yang dimaksud dengan sirkulasi dan juga privasi sesuai keinginan adalah menyesuaikan sirkulasi dan juga privasi dimana tidak ingin terlihat. Namun masih ingin merasakan fungsi dan kenyamanan nya. Arsitek akan selalu merekomendasikan penggunaan sirkulasi dan juga privasi sesuai dengan keinginan.

7. Estetika Sesuai Keinginan

Dengan estetika ini, maka bisa mendesain bangunan yang sesuai dengan keinginan. Akan tetapi arsitek juga akan tetap merekomendasikan gaya maupun suasana ruangan seperti apa yang sesuai dengan karakter yang diinginkan. 

Demikian berbagai informasi mengenai jasa arsitek rumah Jogja yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan apabila ingin bekerja sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *