10 Tips Memilih Arsitek Jogja untuk Membangun Bangunan Impian

arsitek-jogja

Ada kalanya membutuhkan jasa arsitek untuk membangun sebuah bangunan impian. Memilih jasa arsitek yang tepat untuk mewujudkan desain bangunan impian memang penting. Ada beberapa tips memilih jasa arsitek yang perlu diketahui supaya tidak menghamburkan waktu dan juga biaya. Jadi pastikan untuk memilih jasa arsitek Jogja yang berpengalaman dan juga terpercaya.

Inilah Tips Memilih Jasa Arsitek untuk Membangun Bangunan Impian

Jasa arsitek tidak hanya bertugas menciptakan desain yang bagus sesuai dengan kebutuhan. Akan tetapi bisa menghemat pengeluaran. Apa saja kiat-kiat memilih jasa arsitek dalam membangun rumah impian. Berikut ini beberapa penjelasannya yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

1. Pilihlah Gaya Desain Sesuai dengan Selera

Setiap jasa arsitek memiliki gaya tersendiri dalam mendesain bangunan. Ada yang hanya bisa mengerjakan gaya tradisional, ada yang khusus di gaya kontemporer dan ada yang bisa melakukan keduanya. Jika masih ragu untuk menggunakan layanan jasa arsitek, maka cek gaya desain dengan melihat portofolio yang biasa dipajang di website resmi maupun media sosial jasa tersebut.

Dengan ini, maka bisa memiliki berbagai pertimbangan dalam memilih arsitek. Sehingga dapat menghemat biaya. Arsitek-arsitek inilah yang bisa jadi pilihan awal sebelum memutuskan satu di antaranya untuk membantu mewujudkan proyek rumah impian.

2. Simak Referensi dan Testimoni

Setelah memilih beberapa arsitek yang masuk kriteria berdasarkan preferensi. Saatnya mengecek testimoni dari klien. Testimoni adalah salah satu hal yang sangat wajar dicantumkan oleh jasa arsitek di website resmi, media sosial maupun akun linkedin yang dimiliki. Sebagai calon klien harus bisa mengetahui bagaimana kinerja jasa tersebut di mata klien. 

Mulai dari kerapian, ketepatan waktu, kesesuaian desain dengan hasil diskusi dan lainnya. Hal ini juga yang bisa menjadi tolak ukur apakah arsitek tersebut sangat cocok dengan klien.

3. Libatkan Kontraktor

Apabila pada tahap awal sudah memilih jasa kontraktor atau tenaga untuk membangun rumah. Maka melibatkannya dalam memilih jasa arsitek menjadi salah satu tips tepat. Dengan pengalamannya, tentu saja jasa kontraktor tersebut memiliki banyak relasi dan pengalaman bekerja sama dengan jasa arsitek dan jasa desain interior. 

Dengan melibatkan sang kontraktor, maka bisa menemukan jasa arsitek yang cocok dengan gaya bangunan yang diimpikan. Jangan sampai asal dalam memilih jasa arsitek ini, karena tidak semua jasa bisa mendesain rumah yang sesuai dengan impian klien nya.

4. Ajak Arsitek Berkonsultasi

Setelah memilih jasa arsitek Jogja yang cocok, maka coba hubungi jasa tersebut. Saat berkonsultasi, coba bahas tentang ide, tarif hingga sejauh mana jasa tersebut memahami regulasi pembangunan di area yang ditempati. Selain itu, pastikan juga gaya komunikasi dan juga kerja jasa arsitek mampu bersaing dengan baik. Hal ini disebabkan karena selama proses desain, klien juga akan berkomunikasi secara intens dengan jasa arsitek. 

5. Jujur dengan Budget

Setelah menyepakati ide desain, klien juga bisa langsung mendiskusikan hal yang paling krusial yaitu biaya. Pastikan klien bersikap transparan atas budget dengan menyampaikan dengan jujur seberapa besar budget yang dibutuhkan untuk membangun hunian. 

Selain itu, klien juga bisa menanyakan terlebih dahulu biaya jasa arsitek setiap meternya. Karena biasanya jasa tersebut memasang tarif. Semakin populer seorang arsitek karena jasa desain nya yang unik dan opsi pengerjaan yang ekonomis. Biasanya biaya jasa arsitek rumah juga akan semakin tinggi.

6. Percayakan Arsitek dalam Membuat Keputusan

Pada saat konsultasi atau memulai untuk membicarakan kontrak kerja sama. Calon klien perlu mempercayakan desain dan juga hal-hal lainnya di tangan jasa tersebut. Seorang arsitek yang baik akan membantu klien untuk mewujudkan ide dan pemikiran sesuai dengan desain dan juga budget. 

Usahakan jangan terlalu menekan arsitek dengan terlalu memberikan banyak opini. Padahal klien sama sekali tidak memiliki pengalaman. Hal ini akan membingungkan. Maka itu, usahakan menjaga hubungan kerja sama juga tidak rusak.

7. Komunikasikan Masalah

Tidak hanya menyampaikan ide, klien juga harus terlibat dalam menyampaikan masalah yang terjadi di area yang dibangun. Contohnya seperti tanah, limpahan air hujan dan lain-lain. Ketika ide tersebut tidak disampaikan dengan jelas, maka solusi dari arsitek mungkin tidak akan sama dengan rencana klien. Beri tahu masalah secepat dan juga sejelas mungkin supaya hasil desain akan semakin bagus hasilnya.

8. Tegas 

Seorang jasa arsitek harus bisa tegas dalam mengambil keputusan kecil maupun besar. Tentu saja klien juga harus menunjukkan ketegasan dalam bekerja dengan jasa arsitek. Jangan mengubah ide-ide yang signifikan saat pengerjaan sudah berjalan. Hal ini akan menghabiskan banyak waktu dan juga biaya. Tidak hanya itu, hubungan klien dengan arsitek juga bisa memburuk. Saat rancangan sudah di tahap final. Maka serahkan semuanya kepada ahlinya.

9. Buat Kontrak Kerja yang Jelas

Jasa arsitek ada yang bekerja di bawah manajemen tertentu dan ada juga yang tidak. Jika klien bekerja sama dengan jasa arsitek yang sifatnya freelancer. Maka lakukan kontrak kerja sebelum memulai pengerjaan. Di dalam kontrak, sebutkan persetujuan seperti pembayaran dan juga layanan yang harus diberikan kepada klien.

Ada baiknya pembuatan kontrak dilakukan di depan arsitek tersebut. Dengan melakukannya dua pihak, maka klien juga bisa menghemat banyak waktu.

10. Tanyakan Garansi

Saat bangunan sudah jadi, beberapa jasa arsitek tidak melepas tanggung jawab begitu saja. Klien boleh bertanya seberapa lama garansi atau seberapa banyak kunjungan yang akan dilakukan. Kunjungan ini bertujuan untuk mengecek apakah desain yang dilakukan berjalan sempurna. 

Ada juga garansi berupa keamanan bangunan, jasa arsitek profesional umumnya memiliki lisensi untuk membangun sebuah area tertentu dengan standar yang sudah ditetapkan. Pastikan untuk memilih jasa arsitek Jogja yang terpercaya.

Keuntungan Menggunakan Jasa Arsitek untuk Proyek Bangunan

Menggunakan jasa arsitek adalah sebuah pilihan ketika mengerjakan proyek bangunan. Meski sudah banyak layanan jasa arsitek profesional yang tersedia di berbagai daerah. Masih banyak orang yang ragu untuk menggunakannya. Sebab khawatir biaya yang dikeluarkan tidak akan sebanding dengan yang dihasilkan. Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan jasa arsitek, seperti:

  • Efisiensi Budget. Keuntungan menggunakan jasa arsitek adalah budget yang dibutuhkan lebih efisien. Jasa arsitek tersebut juga aka menghitung estimasi biaya dengan tepat beserta alternatif pilihan material yang digunakan.

  • Perencanaan Desain yang Detail dan Rapi. Keuntungan menggunakan jasa arsitek yang selanjutnya adalah adanya kesempatan berdiskusi mengenai desain yang diinginkan.

  • Hemat Waktu. Keuntungan menggunakan jasa arsitek dalam membangun proyek tentu saja datang dari segi waktu. Pemilik proyek tidak perlu repot datang ke toko bangunan dan supplier material untuk mengecek harga material bangunan yang digunakan.

  • Hemat Tenaga. Selain hemat waktu, keuntungan menggunakan jasa arsitek Jogja dalam membangun adalah hemat tenaga. Pemilik proyek tidak perlu mengurus sendiri pembelian bahan bangunan maupun pencarian tukang bangunan.

  • Bangunan Lebih Kokoh. Dengan meminta bantuan jasa arsitek Jogja, maka bangunan yang dibangun jauh lebih kokoh. Sebab perhitungan desain yang tepat dan pemilihan material yang pas.

Demikian berbagai keuntungan yang bisa didapatkan jika melakukan kerja sama dengan jasa arsitek Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *