Tips Konsultasi dengan Konsultan Arsitek Yogyakarta agar Hasilnya Memuaskan

konsultan-arsitek-yogyakarta

Membangun rumah yang sesuai keinginan memang bukan hal mudah dilakukan. Dikarenakan ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan dengan baik bersama konsultan arsitek Yogyakarta sebelumnya.

Bekerja sama dengan konsultan arsitek sendiri merupakan satu hal penting yang harus dilakukan. Dengan begitu nantinya bisa mendapatkan gambaran rumah yang benar-benar sesuai keinginan. Konsultan arsitek nantinya bisa membantu membuatkan desain rumah dan memberikan solusi yang lebih tepat.

Tips Konsultasi dengan Arsitek

Mungkin masih banyak yang bingung bagaimana menyampaikan ide kepada arsitek agar bisa diwujudkan sesuai keinginan. Agar tidak salah langkah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dipakai untuk menyampaikan ide kepada konsultan arsitek.

1. Lakukan riset lebih dulu

Untuk hal pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan riset meskipun sudah mempunyai bayangan rumah impian. Ini dimaksudkan agar ketika konsultasi dengan arsitek dapat berjalan lancar dan cepat.

Dalam riset ini bisa diawali dengan mencari informasi kecil-kecilan lewta website desain interior atau sosia media. Setelah itu bisa meminta saran dan masukan dari keluarga. Selain itu juga bisa mendapatkan inspirasi dari portofolio yang sudah dihasilkan dari arsitek.

2. Jangan sungkan bertanya

Sebelum menyampaikan ide pada konsultan arsitek Yogyakarta, sebaiknya cari tahu pekerjaan apa saja yang bisa disanggupi. Jangan ragu untuk menanyakan layanan apa saja yang akan didapatkan jika sudah melakukan pembayaran.

Lalu tanyakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pengerjaan tersebut dalam menyelesaikan satu proyek. Menanyakan secara rinci kepada arsitek akan membuat tidak ada kesalahpahaman di kemudian hari pastinya.

3. Cari tahu apa yang diinginkan

Perlu diketahui dengan baik bahwa semua inspirasi bisa datang dari mana saja. Akan tetapi setiap orang juga mempunyai selera masing-masing. Oleh sebab itulah sampaikan kepada aristek mengenai hal-hal yang disukai dan tidak disukai. Misalnya bentuk, warna, bahan, dan masih banyak lainnya.

Dengan memberitahukan apa yang disukai dan tidak disukai kepada arsitek. Tentunya akan membantu pihak arsitek menghindari beberapa hal yang tidak disukai oleh klien pastinya. Oleh sebab itulah sangat penting mencari tahu apa yang diinginkan dan tidak diinginkan pada rumah impian.

4. Ketahui anggaran yang dipersiapkan

Cukup banyak klien konsultan arsitek Yogyakarta kurang memahami bahwa anggaran yang dimiliki berpengaruh pada pembelian material nantinya. Oleh sebab itulah ada baiknya untuk melakukan komunikasi dengan jelas mengenai anggaran yang dimiliki ini.

Selain itu juga harus menanyakan kelebihan dan kekurangan yang didapatkan. Dengan begitu nantinya anggaran yang disediakan ini bisa cukup untuk membangun rumah impian selama ini. Apabila anggaran yang dibutuhkan nantinya lebih, maka klien bisa membuat pertimbangan ulang lagi.

5. Tahu trend terbaru

Tidak ada salahnya untuk mengikuti trend terbaru dalam membangun rumah. Contohnya adalah rumah pintar, dimana material sangat aman untuk lingkungan. Bahkan untuk desainer open space. Desain rumah pintar sendiri cukup diminati karena terbilang trendy.

Mengetahui trend-trend terbaru akan membantu klien lebih mudah membuat pertimbangan mengenai rumah seperti apa yang diinginkan. Selain itu juga jadi tahu material-material apa saja yang baik untuk digunakan dalam membangun rumah.

6. Aktif dalam komunikasi

Dalam mendesain rumah impian bersama konsultan arsitek Yogyakarta tentunya akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk itulah, ada baikan selalu melakukan komunikasi yang rutin supaya detail rumah bisa sesuai keinginan nantinya.

Biasanya tim arsitek atau desain interior akan meminta meeting rutin di tanggal-tanggal yang sudah ditentukan. Tentu saja dalam meeting ini nantinya akan membahas mengenai progress pengerjaan yang sudah berjalan selama ini.

Tips Memilih Konsultan Arsitek Berpengalaman

Banyaknya konsultan arsitek saat ini memang membuat orang tidak perlu susah mencarinya. Namun untuk memilih yang benar-benar berpengalaman tentu bukan hal sulit dilakukan. Bagi yang merasa kesulitan menemukan konsultan arsitek terbaik bisa menggunakan beberapa cara berikut.

1. Cari informasi sebanyak mungkin

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mencari informasi sebanyak mmungkin dari sosial media, teman, kerabat, atau website. Konsultan arsitek yang berpengalaman biasanya akan dikenal lewat mulut ke mulut. Selain sudah berpengalaman, pastinya akan dikenal terpercaya dan baik. Oleh sebab itulah jangan ragu untuk menanyakan kepada kerabat atau kolega.

2. Bagaimana pengalamannya

Kemudian cari tahu mengenai pengalaman yang dimiliki konsultan arsitek Yogyakarta terlebih dahulu. Apakah sudah banyak pengalaman atau belum. Jangan ragu untuk bertanya mengenai jasa jenis bangunan atau pekerjaan yang sudah dikerjakan. Contohnya rumah, gedung, ruko, dan lainnya.

3. Pastikan punya sertifikasi

Berikutnya adalah memastikan dengan baik bahwa konsultan arsitek memiliki sertifikasi berupa ijazah pendidikan. Atau lebih spesifikasinya adalah sertifikasi profesi IAI. Memang ada arsitek yang bekerja sendirian sebagai konsultan. Oleh karena itulah jangan ragu memastikan bahwa konsultan arsitek tersebut benar-benar dipercaya.

4. Tanyakan lokasinya

Jangan lupa untuk menanyakan dimana lokasi konsultan arsitek Yogyakarta tersebut. Dengan tahu informasi yang jelas mengenai lokasi kantor atau tempat tinggal, maka bisa menyempatkan waktu berkunjung dan melakukan konsultasi.

Jenis Desain Rumah yang Populer

Gaya desian rumah terus mengalami perkembangan dari masa ke masa, tidak mengherankan jika ada banyak bentuk sampai saat ini. Di bawah ini ada beberapa gaya arsitektur rumah yang populer dari masa ke masa.

  • Mediteranian. Biasanya rumah ini dibangun di wilayah tropis dengan cuaca panas dan paparan sinar matahari sepanjang tahun. Elemen utama dari rumah ini adalah atap keramik yang berwarna merah, dikarenakan terinspirasi dari arsitektur Spanyaol dan Meksiko.
  • Kontemporer. Elemen utama dari gaya desain rumah kontemporer adalah memanfaatkan material yang bisa diaur ulang. Contohnya adalah bambu dna granit yang dipakai untuk bahan utama interior. Selain itu juga memiliki karakteristik pencahayaan natural karena memanfaatkan jendela kaca.
  • Mid century. Model rumah ini awalnya diyakini bisa menjadi solusi untuk menciptakan perubahan sosial yang berujung di lingkungan masyarakat lebih baik. Gaya desainnya mempunyai jendela besar, ruang terbuka, dan dibangun di bidang datar dengan model bangunan datar juga.
  • American craftsman. Arsistektur rumah ini mempunyai keunikan sendiri, yakni nilai estetika yang dibarengi dengan fungsi, pemakaian bahan baku alami, dan detail bangunan rinci. Karakteristik yang dibawa adalah lantai dengan ruang terbuka, beranda besar dari kayu, atap model gable, dan lainnya.
  • Colonial. Selanjutnya ada gaya aristektur colonial yang didapatasi dari pengaruh Eropa di abad ke-18. Ciri khas bangunan ini adalah bentuknya simetris atau persegi dengan karakteristik pintu masuk rumah di tengah depan rumah.
  • Rumah minimalis. Merupakan rumah yang paling banyak dibangun saat ini. Karakteristik yang dimiliki oleh bangunan ini adalah minimalis dari segi perabotan dan tanah untuk pembangunan. Meskipun tetap bisa dibuat lapang dengan menempatkan beberapa hal.

Demikianlah pembahasan mengenai tips konsultasi dengan konsultan arsitek Yogyakarta yang berpengalaman. Juga beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menemukan jasa konsultan arsitek berpengalaman dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *