Model Arsitektur Rumah Paling Favorit dan Dapat Dikerjakan Jasa Desain Arsitek Jogja

desain-arsitek-jogja

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki sebuah ciri khasnya tersendiri. Terutama dalam desain dan juga model arsitektur rumah. Ada beberapa wilayah yang memiliki desain rumah ala kolonial Belanda yang berdiri dengan megah dan juga terlihat mewah. Bahkan ada juga yang di bangun mengikuti desain minimalis modern yang populer saat ini. Supaya bisa mengaplikasikan desain rumah pada hunian impiannya, penting untuk memilih jasa desain arsitek Jogja yang berpengalaman.

Yuk Kenali Berbagai Model Desain Arsitektur Rumah yang Menjadi Favorit Banyak Orang

Seperti yang sudah diketahui bahwa jasa desain arsitektur saat ini ada banyak. Jasa tersebut tentunya mampu membuat berbagai desain arsitek sesuai dengan keinginan pemesan. Untuk bisa mendapatkan desain arsitek yang sesuai dengan keinginan, penting untuk memilih jasa yang tepat dan andal di bidangnya. Namun sebelum itu, yuk kenali berbagai model desain arsitektur rumah yang menjadi favorit banyak orang di Indonesia.

1. Arsitektur Rumah Minimalis

Arsitektur rumah minimalis termasuk dalam salah satu desain arsitektur yang sangat diminati di Indonesia. Desain ini mulai berkembang pesat sejak memasuki tahun 2000 an. Konsep desain ini sebenarnya berasal dari aliran konsep zen yang berasal dari Jepang yang sangat identik dengan kesederhanaan untuk bisa mencapai sebuah kesempurnaan.

Sama halnya dengan rumah minimalis yang mementingkan aspek fungsional dan juga menjadikan tampilan visual dari bangunan supaya bisa terlihat lebih simple tanpa adanya tambahan desain lain. Arsitektur rumah minimalis ini bisa dilihat dari kesederhanaan tampilan bangunan dan pada umumnya tidak membutuhkan budget besar untuk membangunnya.

2. Arsitektur Rumah Minimalis Modern

Memasuki awal tahun 2010, desain arsitektur rumah minimalis mengalami sedikit perubahan jadi desain minimalis modern. Tampilan rumah yang awalnya lebih mengutamakan nilai zen, akan tetapi kini semakin berubah supaya terlihat lebih modern. Rumah mengalami penyesuaian supaya bisa memiliki sebuah fungsionalitas yang tinggi. Tentu saja tanpa harus mengorbankan setiap bagian yang ada pada setiap rumah.

Hal ini dimaksudkan supaya rumah yang memiliki lahan kecil sekalipun bisa dimaksimalkan dengan baik. Bahkan dapat mengurangi biaya konstruksi dari rumah yang perlu dikeluarkan. Desain rumah yang satu ini juga sangat direkomendasikan oleh desain arsitek Jogja. 

3. Arsitektur Rumah Scandinavian

Inilah salah satu desain rumah yang sangat populer dan disukai oleh banyak orang. Desain ala Scandinavian ini selalu mengutamakan prinsip tarikan garis yang rapi. Bahkan saling berkesinambungan dengan sempurna. 

Rumah dengan model ini juga biasanya menggunakan permainan warna, baik itu warna putih, abu-abu hingga kebiruan yang menjadi sebuah ciri khasnya tersendiri. Bahkan menjadikan tampilan rumah tersebut terlihat lembut. Tampilan interior dari rumah tersebut juga mencerminkan kehangatan dengan perpaduan aksen yang memiliki warna cerah.

4. Arsitektur Rumah Ala Industrial

Arsitektur rumah yang satu ini pada awalnya mengikuti konsep bangunan yang berasal dari pabrik lawas dan juga bangunan industrial lainnya. Penggunaan bata ekspos sebagai bahan untuk bahan bangunan utamanya. Konsep ini mulai digemari di Indonesia ketika memasuki awal tahun 2010. Hal tersebut ditandai dengan mulai banyak bermunculan café dan juga restoran yang menggunakan desain ala industrial ini.

5. Arsitektur Rumah Model Kolonial Belanda

Arsitektur rumah model kolonial Belanda yang satu ini sudah semakin jarang ditemukan pada rumah-rumah modern. Padahal rumah model ini memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh rumah modern saat ini. Kelebihannya adalah posisi plafon nya sangat tinggi. Lalu ditambah juga dengan jendela yang berukuran besar. Tentu saja akan membuat suasana di dalam rumah jadi terasa lebih sejuk tanpa harus menggunakan pendingin udara.

6. Arsitektur Rumah Konsep Open Plan

Salah satu konsep arsitektur rumah yang sangat populer dan bahkan disukai banyak orang adalah rumah dengan konsep open plan. Konsep open plan ini merupakan sebuah desain yang menggabungkan dua atau lebih ruang komunal yang berada di dalam rumah dengan menghilangkan tembok yang menjadi pembatas setiap ruangan. 

Konsep ini sangat disukai karena bisa membuat interior rumah tersebut jadi terlihat lapang. Pemilik rumah juga bisa dengan mudah mengatur tata letak barang tanpa harus ada dinding yang membatasi setiap ruang. Apabila tertarik dengan desain ini, maka bisa meminta untuk dibuatkan oleh jasa desain arsitek Jogja.

7. Arsitektur Rumah Model Tropis

Rumah dengan model tropis memang menjadi salah satu model arsitektur rumah yang menjadi favorit. Konsep hunian yang satu ini biasanya memiliki ciri khas yaitu terdapat banyaknya tanaman di rumah yang bisa membuat suasana rumah jadi teduh. Tidak hanya itu saja, rumah dengan model tropis ini juga biasanya memiliki jendela dengan model geser. 

Tujuannya adalah supaya saat dibuka secara penuh bisa membuat udara di dalam rumah mengalir dengan sempurna. Bahkan mampu menciptakan suasana rumah jadi lebih dingin.

8. Arsitektur Rumah American Classic

Arsitektur rumah model ini bisa dikenali dari penggunaan kayu sebagai material utamanya. Kayu memang banyak digunakan untuk dijadikan dinding eksterior rumah dan bahkan menjadikan rumah jadi lebih mewah. Rumah dengan gaya Amerika ini biasanya memiliki detail yang tidak terlalu kompleks dan bahkan tetap mengutamakan tampilan yang mewah dan elegan.

9. Arsitektur Rumah Kontemporer

Ada banyak yang suka salah kaprah mengenai arsitektur rumah model ini yang serupa dengan konsep minimalis. Padahal nyatanya, kedua desain tersebut sangat berbeda antara satu dengan lainnya. Rumah dengan model kontemporer memang lebih eksklusif. Sebab merupakan penggabungan dari beberapa desain jadi satu.

Tips Memilih Jasa Desain Arsitek Rumah Mewah yang Tepat untuk Membangun Rumah Impian

Membangun rumah impian tentu saja bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Selain menghabiskan banyak uang, tentu saja diperlukan waktu yang lama dan perencanaan yang matang. Ini dilakukan agar hasilnya memuaskan sesuai dengan keinginan. Nah, berikut ini beberapa tips memilih jasa desain arsitek yang tepat terpercaya.

1. Lihat Portofolio 

Coba kunjungi website resmi atau sosial media dari jasa arsitek rumah mewah yang diinginkan dan lihatlah hasil kerja jasa desain arsitek tersebut. Dari situ bisa mengetahui apakah gaya desain suatu jasa arsitek tersebut sesuai dengan harapan atau tidak. 

2. Cari Tahu Reputasi dan Testimoni

Jika cocok dengan gaya desain nya, maka cari tahu reputasi dan testimoni klien sebelumnya. Pada umumnya bisa menentukan informasi mengenai sejarah, jam terbang sampai testimoni klien di website resmi jasa desain arsitek Jogja tersebut.

3. Buat Daftar Kebutuhan, Keinginan dan Lainnya

Sambil mencari, perlu membuat daftar kebutuhan ruang keinginan dan lain sebagainya. Diskusikan hal ini bersama seluruh anggota keluarga yang hendak menempati rumah tersebut.

4. Komunikasikan Ide dan Perkiraan Budget

Setelahnya, coba hubungi customer service dari jasa desain arsitek Jogja yang akan diajak kerja sama. Utarakan semua hal yang diinginkan, baik itu mengenai desain, biaya dan lain sebagainya.

Demikian berbagai cara memilih jasa arsitek rumah mewah yang tepat. Pastikan untuk memilih jasa desain arsitek Jogja yang tepat dan berpengalaman di bidangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *