Tugas Jasa Arsitek Jogja Murah dan Berpengalaman

jasa-arsitek-jogja-murah

Jasa arsitek merupakan salah satu jasa yang sangat dibutuhkan. Apabila ingin melakukan kerja sama dengan jasa arsitek. Akan lebih baiknya untuk memilih jasa arsitek yang berpengalaman. Dengan begitu, maka jasa tersebut akan melakukan pekerjaan sesuai dengan yang diharapkan klien. Namun sebelum melakukan kerja sama dengan jasa arsitek Jogja murah, ketahui dulu tugas dari jasa tersebut.

Inilah Berbagai Tugas Jasa Arsitek yang Perlu Diketahui

Meskipun saat ini sudah semakin banyak jasa arsitek. Akan tetapi tidak semua orang tahu apa saja tugas dari jasa arsitek tersebut. Apabila tertarik untuk melakukan kerja sama dengan jasa arsitek. Maka penting untuk tahu dulu apa saja tugas dari jasa arsitek ini. Jangan sampai tidak tahu apa saja yang dilakukan jasa arsitek tersebut nantinya. Berikut ini beberapa penjelasannya, seperti:

1. Membuat Konsep Rancangan Bangunan

Tugas pertama dari jasa arsitek ini adalah membuat konsep rancangan bangunan. Pada tahap ini jasa arsitek harus memastikan semua data dan juga informasi dari penggunaan jasa terkait kebutuhan serta persyaratan bangunan yang akan dibangun. Lalu kemudian jasa arsitektur tersebut akan membuat analisis serta pengolahan data untuk membuat program serta membuat konsep rancangan.

2. Menyusun Pola dan Bentuk Arsitektur

Tugas berikutnya dari jasa arsitek ini adalah menyusun pola dan juga bentuk arsitektur berdasarkan konsep rancangan yang sudah dibuat. Selanjutnya jasa arsitek tersebut akan menyusun pola dan juga bentuk arsitektur dalam bentuk gambar. Jasa arsitek tersebut juga akan menyusun nilai fungsional bangunan dalam sebuah diagram. 

Pada tahap ini jasa arsitek akan merangkum perkiraan luas bangunan, bahan bangunan yang akan digunakan, sistem konstruksi, biaya dan juga terakhir waktu pembangunannya.

3. Mengembangkan Rancangan

Setelah pola dan juga bentuk arsitektur sudah disetujui oleh klien. Maka tugas jasa arsitek Jogja murah selanjutnya adalah mengembangkan rancangan yang sudah dibuat. Pada tahap ini jasa arsitek harus membuat perancangan yang lebih detail mengenai sistem konstruksi dan struktur bangunan yang akan dibuat. Kemudian jika sudah disetujui, maka hasil pengembangan tersebut nantinya akan menjadi rancangan akhir dalam membangun hunian.

4. Manajemen Konsep Rancangan

Tugas berikutnya dari seorang arsitek adalah menerjemahkan konsep perancangan. Pada tahap ini jasa arsitek tersebut harus menerjemahkan konsep rancangan ke dalam bentuk gambar dan juga uraian-uraian yang lebih detail. Tidak hanya itu saja, jasa arsitek tersebut juga akan menyajikan dokumen pelaksanaan serta syarat teknik pembangunan yang jelas dan juga detail.

5. Melakukan Pengadaan Pelaksanaan Konstruksi

Tugas dari jasa arsitek berikutnya adalah melakukan pengadaan pelaksanaan konstruksi. Dalam tahap ini akan dibagi menjadi dua tahapan yaitu penyiapan dokumen pengadaan pelaksanaan konstruksi dan juga pelelangan. Jasa arsitek akan mengolah gambar kerja ke dalam format dokumen pelelangan yang dilengkapi dengan uraian rencana kerja dan syarat-syarat teknis pelaksanaan pekerjaan atau RKS.

Selain itu, jasa arsitek juga akan menyiapkan rencana anggaran biaya atau RAB dan yang terakhir adalah menyiapkan daftar volume. Untuk bagian dua arsitek harus membantu klien dalam melaksanakan dan menilai pelelangan. 

6. Melakukan Peninjauan dan Pengawasan

Tugas terakhir dari jasa arsitek Jogja murah adalah melakukan peninjauan dan juga pengawasan. Jasa arsitek harus melakukan peninjauan secara berkala di lapangan dan juga mengadakan pertemuan secara teratur dengan klien dan juga pelaksana pengawasan terpadu yang sudah ditunjuk klien. Peninjauan ini dilakukan paling banyak satu kali dalam 2 minggu atau dalam satu bulan sekurang-kurangnya harus satu kali dalam satu bulan.

Jenis-Jenis Pekerjaan Jasa Arsitek

Dalam pekerjaan arsitek ada beberapa jenis yang sangat populer dan juga memiliki prospek kerja yang baik ke depannya. Bagi yang ingin mengetahui apa saja jenis pekerjaan di bidang arsitek, maka bisa menyimaknya di bawah ini.

1. Design Architect

Jenis arsitek yang pertama adalah design architect. Jenis arsitek yang satu ini merupakan yang paling sesuai dengan definisi arsitek secara general dan juga tugas utama dari arsitek ini adalah menyusun desain proyek secara keseluruhan. Saat bekerja di sini maka akan menganalisis kebutuhan klien, lokasi dan juga lingkungan di sekitar bangunan serta akan membuat desain bangunan.

2. Technical Architect

Jenis arsitek yang satu ini lebih fokus pada sisi teknis maupun fungsi dari sebuah bangunan. Jenis arsitek ini akan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa sebuah bangunan harus berhasil dibangun dan dapat berfungsi dengan maksimal. Biasanya jenis arsitek yang satu ini lebih banyak bekerja dalam proyek besar. Seperti pembuatan gedung dan perkantoran.

3. Project Manager

Project manager bertanggung jawab untuk mengatur proyek dan juga mengembangkan rencana kerja dan juga berkoordinasi dengan banyak anggota tim. Untuk menjadi seorang project manager tentunya memerlukan pengetahuan yang luas mengenai proses arsitektur dan beberapa skill lain. Seperti halnya komunikasi, pemecahan masalah dan harus memiliki skill kepemimpinan.

4. Desainer Interior

Jenis arsitek yang selanjutnya adalah desainer interior. Desainer interior ini memiliki fokus dalam membangun pengalaman yang menarik bagi siapa saja yang menempati sebuah bangunan. Contohnya seperti membuat desain arsitek rumah. Jenis arsitek ini bertugas dalam menentukan penataan dinding hingga pencahayaan. Jadi itulah jenis dari arsitek yang ada di jasa arsitek Jogja murah.

5. Landscape Architect

Seperti yang sudah diketahui semua orang bahwa jasa arsitek saat ini semakin banyak dan mudah ditemukan. Namun perlu diketahui juga bahwa jasa arsitek Jogja murah ini ada banyak jenisnya dengan tugas masing-masing. Seperti halnya dengan landscape arsitek. Inilah jenis arsitek yang bertanggung jawab merencanakan dan merancang bagian luar ruangan. Contohnya saja seperti membuat taman atau kebun.

Untuk menjadi seorang landscape arsitek harus menguasai beberapa ilmu tambahan. Seperti halnya manajemen air hujan, desain penanaman dan juga perencanaan yang berkelanjutan.

Keuntungan Menggunakan Jasa Arsitek untuk Mendesain Rumah

Ada segudang keuntungan yang didapatkan saat menggunakan jasa arsitek untuk desain rumah. Salah satu keuntungannya adalah bisa menyulap rumah minimalis dan sederhana menjadi lebih mewah. Berikut ini ada beberapa keuntungan menggunakan layanan jasa arsitek untuk membangun rumah.

  • Membuat Rumah Lebih Berkarakter dengan Adanya Style Bangunan. Dengan menggunakan layanan jasa arsitek, maka rumah akan lebih berkarakter dengan adanya style bangunan yang diinginkan. Tentunya ada banyak sekali style bangunan seperti modern, minimalis, villa bali, classic dan masih banyak lagi lainnya.
  • Perencanaan Desain Rapi dan Detail. Saat menggunakan jasa arsitek yang profesional untuk mendesain rumah. Maka nantinya mendapatkan perencanaan desain yang rapi dan juga detail. Banyak gambar desain rumah menarik yang bisa direkomendasikan oleh jasa arsitek tersebut.
  • Membantu Menyusun Anggaran Biaya. Keuntungan selanjutnya jika melakukan kerja sama dengan jasa arsitek adalah jasa tersebut dapat membantu merencanakan anggaran biaya. Ini dilakukan agar pengeluaran bisa lebih tertata dan terencana.

Jadi itulah berbagai kelebihan dari jasa arsitek yang bisa didapatkan. Namun keuntungan tersebut hanya bisa didapatkan jika memilih bekerja sama dengan jasa arsitek Jogja murah dan juga berpengalaman di bidangnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *